Oleh: denihend | 14 Mei 2009

PERANCANGAN SOLAR HOME SYSTEM (SHS) UNTUK

Pembangkit energi fotovoltaik atau lebih dikenal dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah metode yang relatif baru dalam pembangkitan listrik dengan memanfaatkan energi surya. Dalam sistem listrik tenaga surya atau sistem solar cell sebagai pembangkit listrik diarahkan agar dimanfaatkan oleh para pemakai di daerah terpencil yang tidak mungkin dijangkau oleh jaringan PLN. Sasaran pemanfaatan listrik surya dengan sistem solar cell atau sistem fotovoltaik adalah elektrifikasi untuk daerah terpencil sebagai pemerataan hasil pembangunan dan pemanfaatan energi lokal sebagai pelaksanaan kebijakan pemerintah tentang diversifikasi penggunaan energi terutama energi alternatif atau non BBM. Pemanfaatan sistem solar cell pada umumnya untuk keperluan strategis pada derah-daerah terpencil. Beberapa contoh pemakaian yang strategis antara lain adalah a). Penerangan rumah, b) pompa air, c) pendinginan vaksin untuk puskesmas terpencil, dan d) komunikasi radio & TV repeater. Berdasarkan beberapa model sistem solar cell yang pernah diterapkan, didapat bentuk sistem solar cell yang dinilai cukup tepat untuk pemakaian di daerah pedesaan yang terpencil, yaitu sistem penerangan rumah tangga yang individual yang dikenal dengan nama Solar Home System (SHS). Sistem solar cell indivivual (mandiri) ini berdiri sendiri di setiap rumah, agar dapat dipakai untuk penerangan rumah pada waktu malam hari dan juga catu daya untuk TV daya rendah atau radio. Berdasarkan analisis ekonomis, diperoleh kesimpulan bahwa untuk daerah-daerah yang jaraknya sekitar 3 km dari jaringan PLN terdekat dan jumlah pelanggan sekitar 200 kepala keluarga, maka harga energi listrik per kWh dari sistem solar cell dapat bersaing dengan energi yang dipasok oleh listrik konvensional.


Responses

  1. biayanya dan cari selnya dimana mas

    • Makasih atas perhatian dan pertanyaannya. Untuk biaya bisa bervariasi, beberapa tahun lalu antara 3 – 6 jtan. Tentang untuk memperolehnya bisa dicari di Glodok Jakarta.

  2. Klo ditempat saya dulu pernah 1 diesel untuk beberapa keluarga, bahkan sampe 1 RT.
    Ayo, semangat ngeBLOG

    • Makasih mas atas komentarnya. PLTS Ini dalam rangka pemanfaatan energi terbarukan, seiring berkurangnya persediaan energi fosil. Meski saat ini PLTS masih menjadi energi alternatif. Semoga di masa mendatang penggunaan energi terbarukan di berbagai bidang lebih diperhatikan oleh pemerintah.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: