Oleh: denihend | 2 Juni 2009

PROFIL LAB I2D FAKULTAS TEKNIK UIKA BOGOR

1. Pendahuluan

Laboratorium Ilmu-ilmu Dasar (Lab I2D) di Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor berdiri sejak berdirinya Fakultas Teknik pada tahun 1977. Letak lab I2D berlokasi di Jalan KH Sholeh Iskandar km 2 Bogor. Lab I2D merupakan laboratorium untuk memfasilitasi praktikum-praktikum yang diselenggarakan oleh seluruh jurusan/PS yang ada di lingkungan fakultas teknik. Laboratorium ini merupakan laboratorium yang khusus digunakan untuk menyelenggarakan mata kuliah praktikum bagi mahasiswa.

Berbeda dengan laboratorium yang berada di bawah program studi, Lab I2D merupakan Laboratorium Dasar yang berada langsung di bawah Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor. Hal ini disebabkan Laboratorium I2D tidak hanya melayani salah satu jurusan/program studi yang ada di fakultas teknik, namun melayani kegiatan praktikum seluruh jurusan/program studi terutama praktikum yang berkaitan dengan ilmu-ilmu dasar. Secara umum lab I2D terdiri 2 (dua) laboratorium yaitu laboratorium Fisika Dasar dan laboratorium Komputer Dasar.

Fisika sebagai ilmu dasar keteknikan merupakan mata kuliah yang sangat penting bagi mahasiswa Fakultas Teknik, karena menjadi landasan dalam memahami Ilmu-ilmu Teknik. Dalam memahami ilmu fisika tidak cukup membaca literatur atau kuliah saja, melainkan perlu disertai dengan eksperimen dan peragaan nyata atas gejala-gejala fisika, sehingga mahasiswa dapat melihat dan mengamati serta menghitung secara langsung fenomena-fenomena fisis yang terjadi. Oleh karena itu praktikum Fisika Dasar menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari mata kuliah Fisika.

Sedangkan komputer merupakan salah satu bidang ilmu yang penting dalam menghadapi perkembangan yang di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Lab. Komputer Dasar merupakan laboratorium untuk memfasilitasi praktikum yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro. Melalui praktikum ini diharapkan para mahasiswa dapat dibekali pengetahunan tentang penggunaan komputer untuk gambar teknik dan teknik pemrograman. Laboratorium ini memiliki 1 (satu) ruang yang dilengkapi dengan 11 unit PC.

2. Visi, Misi, dan Tujuan Laboratorium I2D

Visi : menjadi Laboratorium Ilmu-ilmu Dasar yang bertaraf nasional dalam merealisasikan dan membuktikan kebenaran konsep-konsep ilmu pengetahuan melalui eksperimen, khususnya bidang ilmu fisika dasar dan teknik pemrograman
Misi :
  1. Menyelenggarakan praktikum yang berkualitas tinggi dan relevan dengan mata kuliah praktikum.
  2. Menyelenggarakan eksperimen yang mendukung terwujudnya visi fakultas sebagai fakultas terkemuka dalam bidang ilmu keteknikan.
Tujuan : Menghasilkan lulusan yang : (a) Memiliki kompetensi di bidang Fisika dan Pemrograman serta memiliki ketrampilan dasar riset untuk pengembangan ilmuketeknikan. (b) Mampu menerapkan ilmu Fisika dan komputer dalam praktek di bidang keteknikan dan pengabdian kepada masyarakat. (c) Mampu bersikap profesional.

3. Struktur Organisasi Laboratorium Fisika Dan Personalia

Lab I2D ini secara organisasi di bawah pembinaan Pembantu Dekan I. Namun dalam pelaksanaan kegiatannya, laboratorium ini dikelola oleh seorang Kepala Laboratorium dan dapat dibantu oleh beberapa asisten yang dikoordinir oleh seorang koordinator praktikum. Adapun personalia laboratorium I2D tersebut adalah:

Struktur Organisasi Lab I2D

Struktur Organisasi Lab I2D

4. Tujuan Instruksional Praktikum

Setelah mengikuti Praktikum Fisika, mahasiswa peserta praktikum (praktikan) dapat dan mampu:

  1. Memahami konsep-konsep dasar ilmu Fisika dalam kegiatan praktikum di Laboratorium
  2. Mengenal dan mengerti konsep-konsep dasar teknik pemrograman
  3. Mengenal dan menggunakan serta mengetahui cara membaca skala beberapa alat ukur secara benar dan teliti.
  4. Menganalisis hasil-hasil pengukuran dan mengolah data dengan menerapkan teori ketidakpastian.
  5. Mengenal dan memahami metoda-metoda eksperimen.
  6. Memahami kejadian-kejadian (fenomena) Fisika melalui metoda eksperimen yang dilakukan.
  7. Menyusun laporan praktikum serta menyimpulkan hasil praktikum yang telah dilakukan.

5. Layanan Praktikum

5.1 Prosedur pelaksanaan praktikum:

  1. Mendaftarkan diri sebagai peserta praktikum pada awal semester.
  2. Mengikuti praktikum sesuai jadwal yang telah ditentukan, dalam beberapa periode pelaksanaan kegiatan praktikum pada tiap semester.
  3. Nilai praktikum akan diberikan kepada peserta yang telah lengkap menyelesaikan seluruh kegiatan praktikum, yaitu meliputi: tes pendahuluan (pre-test), praktikum dan laporan akhir praktikum (post-report).
  4. Mata kuliah praktikum fisika dan dasar komputer pemrograman harus terdaftar dalam FRS mahasiswa dan telah disahkan oleh petugas yang berwewenang.

5.2 Jenis-jenis praktikum

Jenis-jenis praktikum yang ada di laboratorium I2D adalah Praktikum Fisika Dasar dan Praktikum Dasar Komputer & Pemrograman. Untuk praktikum fisika dasar terdiri dari 8 (delapan) modul percobaan, sedangkan untuk praktikum dasar komputer & pemrograman diberikan salah satu materi tentang gambar teknik atau teknik pemrograman menggunakan software yang relevan disesuaikan dengan kurikulum di masing-masing jurusan/program studi.

6. Sarana dan Prasarana

6.1 Laboratorium Fisika Dasar

Pada gambar di bawah ini memperlihatkan profil dan kondisi gedung dimana salah satu Laboratorium I2D yaitu Laboratorium Fisika Dasar berada. Di gedung dan di lab inilah kegiatan praktikum Fisika Dasar dilaksanakan.

Profil Lab Fisika Dasar

Profil Lab Fisika Dasar

Laboratorium Fisika Dasar berada di gedung putih dekat dengan Masjid Al Hijri 2 milik UIKA Bogor dan menempati ruangan seluas sekitar 42 m2. Laboratorium ini memiliki fasilitas berupa modul praktikum yang terdiri atas 8 (delapan) modul percobaan dan ini masih dalam pengembangan lebih lanjut. Fasilitas ini memang belum memadai namun sudah dapat digunakan untuk melaksanakan kegiatan praktikum bagi para mahasiswa yang akan praktikum Fisika Dasar.Seperangkat modul percobaan masing-masing terdiri atas meja praktikum dan perlengkapannya.

6.2 Laboratorium Dasar Komputer dan Pemrograman

Profil Lab Komputer

Profil Lab Komputer

Gambar di atas memperlihatkan profil laboratorium komputer yang ada di Lab I2D. Di dalam ini terdapat 11 unit PC yang dapat digunakan dalam praktikum mata kuliah Dasar Komputer dan Pemrograman. Spesifikasi 11 unit PC tersebut sampai dengan tahun 2009 masih terdiri atas 3 unit dengan prosesor pentium 3 dan sisanya masih menggunakan prosesor pentium 1. Namun di lab komputer telah dilengkapi AC untuk kenyamanan dalam praktikum. Namun lab komputer ini masih terus diusahakan untuk dikembangkan agar lebih baik dan memadai guna melaksanakan kegiatan praktikum.

7. Program Kerja dan Rencana Pengembangan

7.1 Program Kerja

Program kerja laboratorium ilmu-ilmu dasar Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor diproyeksikan  untuk meningkatkan dan mengembangkan sarana dan prasarana serta kualitas layanan bagi civitas secara bertahap dan berkelanjutan. Upaya-upaya peningkatan sarana praktikum masih terus dilakukan, meski masih banyak kekurangan di banyak aspek. Sedangkan upaya peningkatan mutu layanan masih perlu terus dilakukan sebagai langkah implementasi dari masukan beberapa pihak baik Fakultas, Jurusan/Program Studi, dan mahasiswa.

7.2 Rencana Pengembangan

Pada awal pendiriannya, Laboratorium Ilm-ilmu Dasar ini berfungsi sebagai laboratorium fisika dasar di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor. Namun dalam perkembangannya laboratorium ini lengkapi dengan sarana komputer untuk melayani para mahasiswa yang hendak melaksanakan praktikum yang berkaitan dengan mata kuliah praktikum dasar komputer dan pemrograman. Oleh sebab itu, laboratorium ini juga dikenal dengan nama Laboratorium Fisika Dasar, yang kemudian berubah nama menjadi Laboratorium Ilmu-ilmu Dasar.

Selanjutnya dalam rangka pengembangan dan peningkatan pelayanan praktikum, laboratorium diperluas dalam pelayanan dan saat ini terdiri atas 2 (dua) laboratorium, yaitu 1) Laboratorium Fisika Dasar yang dilengkapi dengan 8 (delapan) unit modul praktikum, seperti, pengukuran panjang, massa, dan massa jenis, Kinemnatika, Distribusi gaya, Bandul Fisis, Momen kelembaman, Koefisien kekentalan cairan, Hukum Joule, dan Elektrolisa; 2) Laboratorium Komputer Dasar yang dilengkapi dengan 11 unit Personal Computer Pentium 1 dan beberapa unit Pentium 4.

Kepala Laboratorium sementara ini dibantu oleh 2 (dua) orang asisten untuk melaksanakan kegiatan praktikum dengan jumlah modul praktikum 8 (delapan) percobaan untuk Fisika Dasar dan 6 (enam) modul untuk praktikum Dasar Komputer dan Pemrograman yang menggunakan software. Untuk praktikum ke depan beberapapercobaan pada Praktikum Fisika Dasar akan menggunakan simulasi/komputerisasi. Untuk sementara ini belum ada modul percobaan yang menggunakan komputer. Sampai saat ini masih dalam penjajagan. Terobosan ini direncanakan untuk menghadapi tantangan teknologi yang semakin pesat perkembangannya.

Selain komputerisasi untuk kemajuan Laboratorium, Laboratorium I2D juga akan melakukan hubungan kerjasama dalam bidang pendidikan dengan Universitas lain yang ada di sekitar Bogor.

<!–[if !mso]>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: