Oleh: denihend | 12 Desember 2009

Praktikum Fisika Dasar Periode 03 Lab I2D FT UIKA Bogor

Pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 24 dan 25 November 2009 yang lalu telah dilaksanakan praktikum Fisika Dasar Periode 03 yang dilaksanakan di Lab Ilmu-ilmu Dasar Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ini adalah kegiatan praktikum ketiga yang dilaksanakan di Lab I2D sejak tanggal 10 Desember 2008. Praktikum kali ini diikuti oleh 24 mahasiswa dari Jurusan Teknik Sipil dan Teknik Informatika yang berasal berbagai angkatan. Mahasiswa peserta praktikum ini terdiri atas 15 mahasiswa dari Jurusan Teknik Informatika dan 9 mahasiswa dari Jurusan Teknik Sipil. Praktikum diselenggarakan mulai pukul 8.00 Wib sampai dengan 17.oo Wib. Dari jumlah 24 mahasiswa yang terdaftar dan terjadwal, terdapat 3 mahasiswa yang tidak dapat mengikuti praktikum dengan tanpa keterangan. Para mahasiswa tersebut berasal dari Jurusan Teknik Informatika.

Pelaksanaan praktikum secara keseluruhan berjalan baik dan lancar. Sedangkan berkenaan dengan nilai hasil praktikum para mahasiswa secara umum adalah baik, meski ada beberapa mahasiswa yang tidak dapat mengikuti praktikum dengan tanpa keterangan. Hal yang harus diketahui oleh para mahasiswa juga adalah bahwa bagi mahasiswa yang telah terdaftar dan terjadwal namun tidak mengikuti praktikum dinyatakan tidak lulus atau dengan nilai E.

Berikut adalah daftar peserta dan nilai akhir hasil praktikum Fisika Dasar mahasiswa Jurusan Teknik Informatika.

Daftar Peserta dan Nilai Praktikum Fisika Dasar

Daftar Peserta dan Nilai Praktikum Fisika Dasar PS Teknik Informatika

Sedangkan daftar peserta dan nilai akhir hasil praktikum Fisika Dasar mahasiswa Jurusan Teknik Sipil adalah sebagai berikut:

Daftar Peserta dan Nilai Akhir Praktikum Fisika Dasar

Daftar Peserta dan Nilai Akhir Praktikum Fisika Dasar PS Teknik Sipil

Penting bagi para mahasiswa peserta praktikum untuk memperhatikan peraturan dan tata tertib peserta praktikum, sehingga dapat melaksanakan praktikum dengan optimal. Karena jika tidak memperhatikan hal-hal yang berkenaan praktikum mengakibatkan  tujuan praktikum tidak tercapai.

Salah satu kekurangan para mahasiswa adalah tidak memperhatikan peraturan dan tata tertib, baik sebelum, saat praktikum, maupun seteleh praktikum. Berdasarkan pengalaman praktikum periode ini, terdapat mahasiswa yang tidak menghadiri pertemuan pengarahan sebelum pelaksanaan praktikum dimulai, meski telah disosialisasi melalui pengumuman di mading Lab I2D. Sehingga beberapa hal penting yang harus diketahui oleh calon praktikan jadi tidak diperoleh. Hal ini diantaranya berdampak pada saat pelaksanaan terdapat mahasiswa yang tidak mengetahui jadwal dan kelompoknya. Selain itu, pada saat pembuatan laporan praktikum, para praktikan tidak mengacu dengan baik ke tata cara penyusunan laporan seperti pedoman yang telah diberikan. Pada akhirnya, hal ini berdampak pada nilai akhir hasil praktikum yang tidak optimal.

Di samping itu dalam menyampaikan laporan para mahasiswa tidak secara baik menyampaikan opininya ke dalam hasil dan pembahasan. Sehingga fenomena yang terjadi dan hasil yang diperoleh ketika dan selama praktikum dilaksanakan tidak tersampaikan sebagaimana mestinya. Bahkan sebagian besar isi laporan praktikum, terutama dalam bagian hasil dan pembahasan hanya berisi beberapa kalimat, demikian juga isi kesimpulan di setiap modul praktikum. Sehingga secara umum laporan praktikum hanya berisi data tanpa pembahasan dan kesimpulan tanpa menjawab tujuan praktikum. Bahkan yang memprihatinkan adalah terdapat beberapa laporan yang identik sama, kecuali nama dan NPMnya. Padahal seharusnya laporan dibuat perorangan dan ide yang disampaikan melalui pembahasan dapat lebih variatif dan inovatif.

Semoga ini menjadi pelajaran bagi para mahasiswa yang belum melaksanakan praktikum untuk menjadi lebih baik dalam praktikum dan menyusun laporan praktikum di masa-masa mendatang.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, sekali lagi semoga menjadi perhatian dan bermanfaat. Amin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: